Tanggung Jawab Manusia

Tanggung Jawab Manusia sebagai Makhluk Allah
Hakikat kehambaan kepada Allah adalah ketaatan, ketundukan, dan kepatuhan. Dalam hubungannya dengan Tuhan, manusia menempati posisi sebagai ciptaan dan Tuhan sebagai pencipta. Posisi ini memiliki konsekuensi adanya keharusan manusia untuk taat dan patuh kepada Penciptanya. Hal ini sudah termaktub dalam Al-Quran tentang tujuan Allah menciptakan manusia yang sudah aku bahas di artikel Eksistensi Manusia sebagai Ciptaan Allah SWT . Beribadah kepada Allah merupakan prinsip hidup yang paling hakiki bagi orang Islam, sehingga perilakunya sehari-hari senantiasa mencerminkan pengabdian itu di atas segala-galanya. 
 Tanggung Jawab Manusia sebagai Khalifah Allah
Manusia adalah khalifah Allah di muka bumi. Dia yang bertugas mengurus bumi dengan seluruh isinya, dan memakmurkannya sebagai amanah dari Allah. Sebagai penguasa di bumi, manusia berkewajiban membudiyakan alam semesta ini guna menyiapkan kehidupan yang bahagia dan sejatera. Tugas dan kewajiban ini merupakan ujian dari Allah kepada manusia, siapa di antaranya yang paling baik menunaikan amanah itu. Manusia dianggap sebagai khalifah tidak akan menjunjung tinggi tanggung jawab kekhalifahannya tanpa dilengkapi dengan potensi-potensi yang memungkinkannya mampu melaksanakan tugasnya. M. Quraish Shihab mengemukakan beberapa potensi tersebut yang diberikan Allah kepada manusia sehubungan dengan kedudukannya sebagai khalifah Allah di muka bumi, yakni:
  1. Kemampuan untuk mengetahui sifat, fungsi, dan kegunaan segala macam benda. "Melalui potensi ini manusia dapat menemukan hukum-hukum dasar alam semesta, menyusun konsep, mencipta, mengembangkan, dan mengemukakan gagasan untuk melaksanakannya serta memiliki pandangan menyeluruh terhadapnya.
  2. Pengalaman selama berada di surga, baik yang manis seperti kedamaian dan kesejahteraan. maupun yan gpahit seperti keluarnya Adam dan Hawa dari surga akibat terbujuk oleh rayuan setan. Pengalaman ini amat berharga dalam menghadapi rayuan setan di dunia, sekaligus peringatan bahwa jangankan yang belum masuk surga, yang sudah masuk surgapun, bila mengikuti rayuan setan akan diusir dari surga.





Komentar

Postingan Populer