Kisi - Kisi Tes Tahap 2 "STIS"

Kalo reader mencari-cari tentang artikel ini sudah tentu Anda diterima tahap 1 STIS (sok tau!!XD) 
Okelah, ga usa panjang lebar, karena kalo kelebaran takut ada yang marah (nah, loh..apa hubungannya?). Pertama aku ngucapin SELAMAT buat kalian yang dah lolos, tapi jangan terlalu senang, karena tes STIS itu menggunakan sistem gugur, jadi bisa saja Anda gugur di TAHAP 2 STIS (TES WAWANCARA DAN TES PSIKOTEST) ini (seperti saya 1 tahun lalu, cukup sedih si (ha..??cukup??sangat sedih kaleee) tapi it's OK karena aku dah nemu jalan terbaik yang uda Allah pilih untuk ku). Oleh karena itu, kalian juga harus fokus dan jangan sante karena tes 2 itu cuma tes psikotes dan wawancara, yang tentunya ada taktiknya agar Anda bisa lolos dengan mudah. 
1. Sering-sering latihan tes psikotes, y..beli aja buku tes masuk CPNS, karena tes masuk CPNS ada bagian psikotesnya. Kerjakan soal-soal tersebut sampai Anda mudeng (read: paham), sekali-lagi bener-bener mudeng [bukan hanya hafal ma jawabannya]. Kalo uda mudeng, sekarang Anda mulai mengerjakan lagi namun dengan dibatasi waktu. Lakukan hal tersebut sampai Anda mendapatkan waktu tercepat Anda, dan kemudian pertahankan itu. Karena tes psikotes itu waktunya sangat singkat namun soalnya segudang..<--mav alay. 

Selain itu, juga ada tes gambar menggambar. Waktu dulu saya disuruh menggambar pohon dan orang terus juga disuruh meneruskan gambar. Kaya misalnya ada sebuah garis panjang, lalu kita harus melanjutkan garis itu hingga terbentuk suatu gambar tertentu misalnya meja. 
Tenang, ga sah bingung, Anda bisa memperlajari itu semua dan biasanya di buku-buku psikotes ada tips-tips yang membahas itu semua. 
2. Untuk tes wawancara, seingat saya: 
- Implementasi Sila-sila Pancasila dalam kehidupan kita, ini harus benar-benar dipahami atau mulai sekarang cari-cari mterinya karena ini pertanyaan yang selama 2 tahun selalu keluar. 
- Organisasi yang diikuti, kegiatan apa aja yang dilakuin selama berorganisasi, serta tugas kita diorganisasi tersebut
- Makna "Bhineka Tunggal Ika" serta contoh dalam kehidupan sehari-hari
- Pelanggaran hukum apa yang sudah kita lakuin [waktu dulu aku jawab aja, melanggar lampu merah dan kena tilang, kan itu juga ngelanggar hukum lalu lintas..hehe]
- Oy, sebelum wawancara juga ada beberapa questionare yang harus diisi, tapi anehnya questionare itu ga dibahas sama sekali. dan yang paling saya ingat, disana ada pertanyaan tentang pendapat kita "Bolehkan seorang PNS menjadi anggota Partai?". 
- Tapi anehnya, pertanyaan seputas STIS atau badan yang menaunginya sangat jarang ditanyakan. Karena waktu itu pewawancara hanya bertanya "Apa yang Anda ketahui tentang BPS?"
- Kita juga ditanyain seputar keaktifan kita dilingkungan rumah, kita ikut organisasi apa saja disana [ seperti karangtaruna/rohani islam/komunitas2 ].
- Universitas yang kita pilih waktu SNMPTN, terus jika ternyata kedua-duanya (STIS dan universitas) diterima, kita akan memilih yang mana dan tentu saja alasannya. 
- Motivasi kita masuk ke STIS.
- Pandangan kita terhadap ideologi negara Indonesia. 
- Terus kalo ga salah, juga ditanyain kenapa ideologi liberal dan komunis ga bisa dipakai oleh negara kita.
Ya, segitu aja yang bisa aku inget. Maklum lah, itu udah 1 tahun berlalu. Tapi insyaAllah pertanyaan itu bukan mengada-ada, tapi benar2 sesuai ingatan saya yang terjadi 1 tahun lalu. Saran dari sya, 1 hari sebelum tes, cek lokasi tes Anda dan perkirakan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tempat tersebut. Karena jangan sampai Anda telat dan membuat pewawancara tidak nyaman dengan Anda. Selain itu, jangan pernah Anda masuk ruangan tes wawancara sebelum ada panggilan dari pewawancara, dan ketika Anda disuruh masuk, jangan lupa tutup lagi pintunya setelah itu Anda juga jangan langsung duduk, duduklah ketika Anda sudah dipersilahkan duduk oleh pewawancara. 
Oke segitu aja cuap-cuap saya seputar tes tahun lalu, tapi jangan terlalu terpaku dengan info ini karena bisa saja tahun ini berbeda. Tapi g ada salahnyakan tetap mempelajari itu semua. Ok, tetap SEMANGAT dan mintalah pertolongan dan kemudahan kepada-Nya. 

Komentar

  1. keren kak postingannya sangat membantu ^^

    BalasHapus
  2. terima kasih @anita, semoga berhasil dalam tesnya. :)

    BalasHapus
  3. kalo kitanya ga ikut dlm organisasi sama sekali hla kita musti jwb apaan kak?

    BalasHapus
  4. kalo kitanya nggak ikut organisasi sama sekali, kitanya harus jawab apa kak ?

    BalasHapus
  5. kalo kitanya nggak ikut organisasi sama sekali, kitanya harus jawab apa kak ?

    BalasHapus
  6. Prinsip pertama ade harus jujur dan jadi diri sendiri dalam menjawab semua pertanyaan. Jadi ketika memang kita ga ikut organisasi, y bilang saja tidak ikut. dan ketika dtanyakan asalannya, kita bisa jawab
    - saat itu prestasi nomor satu bagi saya, dan ketika harus membagi waktu antara belajar dan organisasi itu pasti akan menjadi hal sulit bagi saya. maka dari itu, sya lebih memilih untuk tidak ikut berorganisasi.
    - berorganisasi hanya salah satu cara kita brsosialasi dan melatih kepemimpinan kita, banyak hal lain misalkan menjadi pengurus di kelas atau minimal menjadi kakak bagi adik anda. dimana anda belajar mengorganisir segala tindakan adik anda menjadi lebih baik.
    ya itu hanya contoh saja si, apapun jawaban adek, yang penting adalah kejujuran dan ketegasan dalam menjawab.

    BalasHapus
  7. makasih kak infonya :)
    sangat membantu..
    semoga bisa lolos wawancara dan kesehatan,

    BalasHapus
  8. thanks kak atas infonya..
    jadi bikin tambah semangat buat masuk STIS tahun depan.. :)

    BalasHapus
  9. Kak, klau test ksehatannya apa aja kak?

    BalasHapus
  10. implementasi Sila-sila Pancasila dalam kehidupan kita contohnya kayakmana kak? mohon dijawab ya hehe

    BalasHapus
  11. kak mplementasi Sila-sila Pancasila dalam kehidupan kita itu contohnya sprti apa ya? mohon dijawab. thanks

    BalasHapus
  12. kak, kemarin saya lulus tahap I tp gagal ketika tahap II, kira-kira apa peluang besar yang membuat kita kalah ketika thp II?? soalnya, saya mau ikut lagi utk thn depan kak

    BalasHapus
  13. Kak, mau tanya tentang tes kesehatannya, itu apa2 aja yang diperiksa, kak?

    Thanks before
    Nice blog ! ^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer