Diskusi Online Menggunakan Twiddla

Setelah kemarin saya memposting tentang Twiddla-Online Whiteoard, sekarang saya akan menjelaskan bagaimana cara memakai fasilitas yang disediakan twiddla yaitu berdiskusi online.

Berikut ini langkah-langkah untuk bisa berdiskusi melalui twiddla :

  1. Jika kita mencoba membuat account sendiri maka kita bisa mengontrol "room" diskusi kita ini, apakah untuk satu arah saja (jadi hanya kita saja yang bisa mengotak-atik whiteboard) atau bisa untuk kolaborasi (semua peserta diskusi bisa menuliskan atau menuangkan ide apa saja dalam whiteboard). Kemudian bisa diset juga siapa saja yang bisa mengakses whiteboard ini apakah untuk ruang publik atau privat.
  2. Mengundang (invite) peserta diskusi lainnya, caranya bisa mengirim email kepada mereka atau member link ruang whiteboard yang ada. Anda juga dapat mengundang lebih dari satu teman ke diskusi ANda dengan memisahkan id email dengan koma.
  3. Setelah semua peserta diskusi masuk dalam ruang diskusi, maka kita bisa saling berinteraksi satu sama lain melaui ruang chatting maupun bercakap-cakap(caranya klik "join voice").
  4. Untuk memulai presentasi atau diskusi, ada banyak pilihan yang bisa dipilih : 1. Whiteboard, 2. Web link: jadi kita bisa membuka langsung website lain dari twiddla, tinggal ketik alamat websitenya, 3. Dokumen : kita bisa upload dokumen/slide yang akan didiskusikan, 4. Gambar
  5. Diskusi bisa dimulai, dan para peserta diskusi bisa ikut menuangkan ide dengan menambahkan tulisan atau member komentar terhadap topic yang sedang didiskusikan.
  6. Pada pilihan whiteboard, kita bisa mengedit warna dan tebal tulisan. Lihat icon yang dilingkari.

Komentar

Postingan Populer